Batamfishing

Go Back   Batamfishing > Fishing Discussion > Ngobrol OOT - OUT OF TOPIC
Daftar Forum FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1 (permalink)  
Old 22-12-2011, 11:08 AM
yo2k.acn's Avatar
Senior Angler
 
Join Date: Oct 2010
Location: odessa - batam
Posts: 1,747
yo2k.acn is an unknown quantity at this point
Cara buat rumpon...

Ada sedikit inpo dari milis tetangga, manatahu bermanfaat...

Bahan-bahan :
1. 50 Lembar daun Kelapa
2. 30 Batang Kedondong
3. 8 Batang Bambu
4. Tali Tambang 50 meter
5. Tali rajut 1 gulung
6. Busa Plontang 2 buah
7. Batu kali secukupnya sebagai pemberat

Cara Kerja :

Bambu dirakit menjadi sebuah kotak / kubus besar. Bila sudah jadi, sekeliling kubus bagian dalam dan luar di ikatkan batang kedondong sampai penuh. Setelah itu di timpa lagi oleh daun kelapa di bagian yang sama. Apabila sudah terisi penuh, mulailah merakit tali tambang sesuai dengan kedalaman. Tambang tersebut di ikatkan di seluruh bagian kubus. Jangan lupa lebihkan sedikit untuk mencapai ke permukaan. Setelah ikatan merata, barulah merakit batu sebagai pemberat hingga kubus bisa sampai ke dasar. Batu dianyam dengan tali rajut agar tidak terlepas atau tergeser apabila arus kencang, pastinya dengan jumlah batu yang agak banyak juga. Apabila batu sudah selesai, ambillah tali tambang yang paling ujung atau yang akan naik ke permukaan. Ikatkanlah ujung tali tambang tersebut dengan Plontang yang sudah disiapkan. Bahan plontang bisa dari busa, box bekas, derigen, atau yang bahan yang bisa mengambang. Plontang ini berguna untuk tanda rumpon diatas permukaan air. Barulah Rumpon buatan sendiri siap diturunkan ke dasar laut. ( Guna menghindari nelayan yang nakal seperti Jaring Gardan dan yang lainnya yang sering memutuskan Plontang, lebih baik masukkan posisi rumpon dalam koordinat GPS. Apabila suatu saat plontang di putus, kita tinggal mencocokkan posisi rumpon dengan koordinat & dapat melihat posisi rumpon dibawah laut dengan bantuan FishFinder / DepthSounder )
Hati-hati saat penurunan Rumpon tersebut. Terutama bagi yang merakit di atas kapal seperti yang saya lakukan kemarin. Ada baiknya perhitungkan arus dan arah angin terlebih dahulu, agar kapal tidak terkena gesekan / benturan dari rumpon tersebut, mengingat beratnya yang lumayan. Dan yang paling penting harus ada penyeimbang pada waktu rumpon diturunkan. Jangan sampai kapal yang kita tumpangi, terbawa miring oleh Rumpon karena berat yang terlalu over, sehingga menyebabkan kapal juga ikut miring bahkan sampai terbalik.

Dengan pembuatan rumpon seperti ini, sesuai dengan pengalaman yang sudah saya lakukan beberapa tahun terakhir, dalam waktu 2 minggu rumpon sudah dapat di panen. Ikan yang pertama naik adalah kawanan Selar, Como, Kembung, Tengkek & Tongkol. Berselang 1 bulan barulah mulai kawanan Kakap Merah, Jenaha, Kuwe bahkan Tenggiri dapat dipancingi di rumpon tersebut. Belum lagi ikan laut lainnya...
Pada musim baratan tahun kemarin, saya pesta ikan KAPMER di 3 titik rumpon yang saya buat di kawasan P1000. Semoga tahun ini bisa terulang kembali.

Kejadian menarik pada saat penurunan rumpon ini adalah beberapa kali ikan Marlin besar lompat di seputaran kapal dan juga ikan Kuwe / GT ukuran besar ikut lompat di depan kapal dan terus berulang-ulang. Akankah menjadi pertanda baik bagi Spot ini...????

Yang pastinya saya akan mengajak teman-teman Angler untuk kembali Trip Bareng di kawasan P 1000.
Undangan saya akan buat resmi di Fishy Trip. Tentunya kita akan panen Rumpon ini dalam waktu dekat.


*
yang mau nambahin / koreksi, silahken...

**
atau silahken meluncur ke tkp - http://hkti.org/2011/08/29/rumpon-se...-ikan-pelagis/
__________________
maaf jika salah2 kata...


salam hormat,

yo2k
programing - networking - jual/sewa ht, rig

Last edited by yo2k.acn : 22-12-2011 at 11:15 AM. Reason: ..
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #2 (permalink)  
Old 22-12-2011, 11:21 AM
mr Q's Avatar
Senior Angler
 
Join Date: Jan 2011
Location: Bengkalis
Posts: 1,272
mr Q is an unknown quantity at this point
Send a message via Yahoo to mr Q
hmmmm cukup murah kayaknya, tapi cari batang kedondong dimana ya ?
__________________
Ngumpul ga ngumpul asal mancing
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #3 (permalink)  
Old 22-12-2011, 12:05 PM
pakarena's Avatar
Senior Angler
 
Join Date: Dec 2008
Location: Batam Centre
Posts: 2,238
pakarena is an unknown quantity at this point
Send a message via Yahoo to pakarena Send a message via Skype™ to pakarena
mantap...kapan kita buat nih
__________________
Daeng

Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #4 (permalink)  
Old 22-12-2011, 12:44 PM
YDELUCK's Avatar
Brilliant Fisher
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 457
YDELUCK is an unknown quantity at this point
mantap infonya om...
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #5 (permalink)  
Old 22-12-2011, 01:24 PM
chandra's Avatar
Senior Angler
 
Join Date: Mar 2011
Location: batam
Posts: 1,359
chandra is an unknown quantity at this point
wah boleh juga neh BFC punya rumpon sendiri jadi kalo ada trip bareng bisa kumpul rame2 manenin ikannya,.. ayo kita sukseskan Batam Fishing Tournament,. semoga kelebihan uangnya bisa kita buat rumpon untuk digunakan bersama,...
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #6 (permalink)  
Old 22-12-2011, 02:41 PM
rio's Avatar
rio rio is offline
BFC Team Planner
 
Join Date: May 2009
Posts: 718
rio is an unknown quantity at this point
Quote:
Originally Posted by chandra
View Post
wah boleh juga neh BFC punya rumpon sendiri jadi kalo ada trip bareng bisa kumpul rame2 manenin ikannya,.. ayo kita sukseskan Batam Fishing Tournament,. semoga kelebihan uangnya bisa kita buat rumpon untuk digunakan bersama,...
Kalian ini emang aneh,...daru dulu sudah saya sarankan 2-3 bulan sebelum musim utara saya tawarkan bikin rumpon,..ndak ada yang minat, hanya David aja yg interest.
Sekarang udah musim angin utara baru nyadar mau bikin rumpon,...telat mas, musti nunggu setelah angin utara lewat

Kok ndak pernah percaya dg yg udah experience
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #7 (permalink)  
Old 22-12-2011, 02:56 PM
chandra's Avatar
Senior Angler
 
Join Date: Mar 2011
Location: batam
Posts: 1,359
chandra is an unknown quantity at this point
Quote:
Originally Posted by rio
View Post
Kalian ini emang aneh,...daru dulu sudah saya sarankan 2-3 bulan sebelum musim utara saya tawarkan bikin rumpon,..ndak ada yang minat, hanya David aja yg interest.
Sekarang udah musim angin utara baru nyadar mau bikin rumpon,...telat mas, musti nunggu setelah angin utara lewat

Kok ndak pernah percaya dg yg udah experience
iya om emang selesai tournament bulan april selesai angin utara kalo ada sisa budgetnya pula,. ya kita bisa nambahin dikit buat bikin rumponnya,.. nga usah buru2 om,.. santai aja yg penting kita punya plannning kearah sana,.. heheee
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #8 (permalink)  
Old 22-12-2011, 11:26 PM
Magnificent Fisher
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 503
ibung fisherman is an unknown quantity at this point
Quote:
Originally Posted by mr Q
View Post
hmmmm cukup murah kayaknya, tapi cari batang kedondong dimana ya ?
Mungkin bisa diganti dgn batang bakau Mas...krn lebih gampang di dapat dan lebih tahan lama di dalam air laut...
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #9 (permalink)  
Old 22-12-2011, 11:29 PM
Magnificent Fisher
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 503
ibung fisherman is an unknown quantity at this point
Quote:
Originally Posted by chandra
View Post
iya om emang selesai tournament bulan april selesai angin utara kalo ada sisa budgetnya pula,. ya kita bisa nambahin dikit buat bikin rumponnya,.. nga usah buru2 om,.. santai aja yg penting kita punya plannning kearah sana,.. heheee
Nggak apa2 Mas Candra...ntar April InsyaAllah rumpon saya sdh ada ikannya ( targetnya kapmer ..he.he ). nanti klw mancing bareng saya, saya ajak ke sana...
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #10 (permalink)  
Old 24-12-2011, 05:25 AM
revypcp's Avatar
Senior Angler
 
Join Date: Sep 2010
Location: BAtam
Posts: 1,541
revypcp is an unknown quantity at this point
mantap nie, sy gabung donk kalau bikin rumpon,he2. Buat mas ibung sy tunggu undangan nya.tx
__________________
H.Revi
hp.0812 7000178

BB :2814D85A

Priority Cargo n Package
Domestic - International
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
Reply


Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 04:36 PM.


Lukisan - Galeri Lukisan - Lukisan Murah - Lukisan Termurah - Lukisan Hotel - Lukisan Abstrak
Powered by vBulletin® Version 3.6.4
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Search Engine Friendly URLs by vBSEO 3.1.0 ©2007, Crawlability, Inc.
Komunitas Mancing Batam