Batamfishing

Go Back   Batamfishing > Fishing Discussion > Fishing Talk
Daftar Forum FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1 (permalink)  
Old 26-03-2011, 02:34 PM
rhino's Avatar
Fresh Fishing
 
Join Date: Mar 2011
Location: Batu aji
Posts: 40
rhino is an unknown quantity at this point
Ikan & binatang laut yang wajib kita waspadai

Sekedar share ya rekan2, mencegah kan lebih baik dari pada tidak mencegah

ni untuk yang belum tahu.. utk para master dikoreksi kalo salah

Kebanyakan ikan dan binatang yang hidup di laut mempunyai alat perlindungan diri untuk mempertahankan dirinya dari pemangsa, selain itu mereka juga mempunyai senjatanya masing masing yang membantu mereka dalam mendapatkan makanannya. Senjatanya itu bisa berupa duri yang berbahaya, gigi yang tajam dan racun, beberapa di antaranya sangat membahayakan dan berakibat fatal bagi manusia.

Sangatlah berguna bila kita dapat mempelajari dan mengetahui jenis jenis ikan dan binatang lain itu, seandainya mereka memakan pancing kita agar kita dapat mengetahui cara menanganinya. Sebagai catatan, gunakanlah long nose plier (tang panjang), jika memungkinkan gunakanlah dua buah.

jepitlah bagian rahang bawah ikan dengan satu tang dan bukalah mata kail dengan satu tang lainnya. Jika kita tidak yakin bisa melakukannya, minta tolonglah pada orang yang kita percaya dapat melakukannya. Jika tidak mendaatkan pertolongan, cara termudah adalah dengan memotong kenur dan mengembalikannya ke dalam air

1. Ikan pari / stingray




Ikan ini banyak hidup di perairan tropis, mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pantai yang dangkal. Cukup banyak jenis jenis pari yang diketahui, namun pada umumnya sebagian dari mereka memiliki sengat yang sangat berbisa pada ujung ekornya yang berbentuk seperti cambuk. Ikan pari biasa bersembunyi dengan cara mengubur dirinya di dalam pasir atau lumpur di dasar laut. Orang yang tidak berhati hati atau tidak tahu ada ikan pari yang sembunyi dan secara tidak sengaja menginjaknya akan menyebabkan ikan pari itu akan mengangkat ekornya dan menusuk kaki orang yang menginjaknya. Hal ini akan mengakibatkan rasa sakit yang teramat sangat dan akan menjadi fatal bila tidak segera ditangani. Jika pancing kita mendapatkan seekor pari, kita harus berhati hati dalam menanganinya terutama berhati hatilah terhadap ekornya, karena pari bisa tiba tiba mengibaskan ekornya tersebut mencoba untuk mencambuk kita.

2.Ikan Sembilang


Sembilang termasuk jenis ikan laut. Biasanya hidup di laut dangkal, tak jarang juga banyak yang hidup di muara sungai.
Keberadaan Sembilang itu terdapat dua jenis Sembilang, Sembilang batu dan Sembilang lubang. Sembilang batu hidupnya di celah batu dan Sembilang lubang hidupnya di lubang-lubang yang di buatnya sendiri.
Sembilang lubang merupakan Sembilang yang telah dewasa. Beratnya sampai lima kilogram dan panjangnya sampai 70 cm. Bentuk ikan ini hampir sama dengan ikan Lele.yang membedakan sembilang mempunyai 3 patil 1 di punggung dan 2 di sirip. lebih aman nya, potong ketiga patil tersebut sebelum mengambil kail. Bila tergores atau tertusuk patil Sembilang, wajah akan pucat, seluruh badan terasa panas dan susah tidur bahkan bisa kejang kejang . Rasa sakit itu akan terus bertambah bila tak segera diobati. Meskipun ganas, racun ikan ini begitu unik. Racun ikan ini hanya menempel pada tubuh korban selama 24 jam. Setelah itu racun Sembilang akan hilang dan korban kembali sehat seperti semula.

3.Scorpion Fish


Satu lagi ikan yang dapat menyerang kita dengan sengat beracunnya adalah ikan scorpion. Kita tidak boleh bermain main dengan ikan jenis ini, sengatannya dapat mematikan manusia jika tidak segera mendapatkan penanganan. Ikan scorpion memiliki sengat yang sangat banyak yang terdapat di bagian kepalanya dan juga duri pada pada sirip siripnya. Disarankan jangan mencoba memegang ikan ini dengan tangan telanjang maupun dengan menggunakan kain. Gunakanalah tang (plier) yang panjang demi keselamatan kita sendiri. Meskipun ikan ini dapat dimakan namun harus berhati hati dalam menanganinya.

4. Ikan Scat


kalau gak salah nama lain nya adalah ikan ketang-ketang. Scats banyak ditemukan diperairan payau wilayah wilayah seperti muara sungai atau daerah daerah rawa. Scats memakan apa saja dan merupakan ikan target pemancing dengan daya juang yang tinggi. Jika pancing kita mendapatkan ikan ini, kita harus berhati hati pada duri yang beracun yang terdapat pada sirip punggungnya. Duri ini akan menegak saat kita mencoba untuk memegangnya, jadi sekali lagi perhatian harus ditujukan pada sirip punggungnya dan pastikan saat memegang ikan ini kita harus memegangnya dengan kuat dan baik. Bisa ikan ini tidak terlalu menyebabkan fatal, tetapi akan mengakibatkan rasa yang teramat sakit

5.Rabbitfishes


Rabbitfish atau lebih dikenal sebagai ikan baronang merupakan salah satu ikan target pemancing. Ikan ini merupakan ikan dengan daya juang yang tinggi dengan cara makan yang baik pula. Rabbitfish atau baronang memiliki duri yang beracun/berbisa pada sirip punggung (dorsal fin), sirip panggul (pelvic fin), dan sirip duburnya (anal fin). Jadi berhati hatilah terhadap semua wilayah duri yang sudah disebutkan di atas. Jika kita mendapakannya pada pancing kita, disarankan agar memegang ikan tersebut dengan menggunakan sehelai kain agar mendapatkan pegangan yang baik pada badan ikan, dan segera memotong duri duri tersebut dengan menggunakan gunting. Rasa sakit akibat sengatan ikan ini akan dapat sangat menyiksa.

6. Queenfish


Kebanyakan pemancing tidak menyadari bahwa seekor queenfish atau talang talang mempunyai patil atau duri yang berbisa pada bagian belakang mereka, persis didepan sirip punggungnya (dorsal fin). Duri duri tersebut menghadap ke arah samping sehingga memudahkan ika untuk menusuk mereka yang memegangnya dengan tidak berhati hati dan mereka yang memegangnya dengan tangan kosong. Sengatan ikan ini akan tersa sangat menyakitkan dan dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

7.Pufferfishes


Pufferfishes lebih dikenal di Indonesia dengan nama buntal, dalam bahasa di Sulawesi disebut buntala dan di sekitar Teluk Bone disebut dengan buntiti adalah salah satu jenis ikan yang banyak hidup di perairan tropis. Ikan ini tidak pernah bisa berhenti makan dan mencuri umpan dan memutuskan tali pancing kita.

Ikan buntal terkenal karena kemampuan mereka untuk menggembungkan badannya dalam upayanya untuk menakut nakuti pemangsa dan membuat mereka seolah olah terlalu besar untuk dimakan. Beberapa spesies ikan buntal dapat dimakan asal kita tahu dan berhati hati dalam memusnahkan racunnya, untuk lebih amannya, lebih baik bila kita tidak usah mencobanya.

Ikan buntal mengandung racun yang sangat mematikan (tetrodotoxin) dalam organ internal mereka. Racun ini dapat berakibat fatal jika dikonsumsi. Sejumlah racun biasa dikeluarka melalui tubuh ikan buntal, jadi segeralah cuci tangan jika kita memegangnya dengan tangan kosong. Jagalah jari jari tangan kita dari mulutnya yang memiliki gigi tajam yang berbentuk seperti paruh burung kakaktua. Buntal yang besar dapat memutuskan jari tangan manusia dengan gigitannya.

8.Moray Eels


Ada beberapa jenis belut laut yang hidup di perairan Indonesia, salah satunya yang paling menjengkelkan karena sering memakan pancing adalah Morray Estaurine. belut ini kalo makan kail hampir tidak terasa, kalo kita angkat seperti nyangkut dan Belut laut yang satu ini badannya sangat berlendir dan biasa melilitkan dirinya pada kenur/tali pancing kita sehingga leader/rig kita akan rusak dibuatnya jijay bgt pokok nya . Berhati hatilah terhadap belut laut, mereka memiliki taring yang membengkok ke dalam mulutnya yang berarti jika jari kita sampai tergigit, akan sangat sulit untuk dikeluarkan dari dalam mulutnya.

9.Needlefishes


Needlefishes atau yang lebih dikenal dengan ikan todak adalah yang sering terlihat berenang dipermukaan air untuk berburu ikan ikan kecil sejenis ikan teri. Paruh yang panjang serta gigi yang tajam membantu ikan todak untuk menusuk dan dan melumpuhkan mangsanya. Gigi ikan todak jauh lebih seram jika dibandingkan dengan gigi seekor buaya. Luka besar dan berdarah dapat dialami jika kita sampai tergigit oleh ikan yang satu ini, jadi lebih baik jangan mendekatkan tangan didepan mulut ikan ini.

Pernah terjadi kasus lokal di sekitar Singapore, seorang anak tertusuk oleh seekor ikan todak dan kemudian meninggal. Hal ini mungkin merupakan suatu kecelakaan, sebab ikan todak biasa melakukan gerakan cepat yang tiba tiba dan melompat keluar air dalam upayanya menangkap mangsa. Walaupun demikian kita harus menyadari bahwa kita tidak pernah tahu kapan kita harus menghindar dari todak odak terbang ini.

10.Bristle Worm


Bristle worm adalah sejenis cacing yang hidup di laut, mereka memiliki banyak rambut setajam jarum dan beracun. Bristle worm berenang dengan cara menggeliat geliatkan dirinya di dalam air, tetapi lebih sering berpindah dengan cara menghanyutkan dirinya bersama dengan arus pasang surut.

Cacing ini dapat mergangkan mulutnya dengan lebar untuk dapat menelan makanan sebesar tubuh mereka sendiri, sehingga secara tidak sengaja mereka dapat memakan umpan pancing kita. Jika pada pancing kita kebetulan mendapatkan jenis cacing ini, jangan sekali sekali mencoba memegangnya dengan tangan kosong. Bahkan bulu bulu halus cacing ini dapat menusuk kulit yang akan menyebabkan rasa yang sangat menyakitkan.

11.Jellyfishes


Jellyfish atau yang dikenal dengan nama ubur ubur dapat ditemukan hampir diseluruh perairan dalam keadaan sendiri atau bergerombol. Meskipun ubur ubur dapat menggerakan tubuhnya, tetapi mereka bepergian mengikuti kemana arus membawa mereka.

Ubur ubur terdiri dari banyak sekali species, ada juga yang berwarna bening atau transparan dan hamper tidak terlihat. Hal ini membuatnya menjadi mahluk laut yang berbahaya bagi orang yang berjalan jalan dalam air di sepanjang pantai. Kebanyakan ubur ubur tidak dapat terlihat dan mereka mempunyai tentakel yang dapat menyengat dan berbisa. Bisa yang dikeluarkan dapat menyebabkan rasa sakit bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan. Walaupun jarang terjadi bahwa ubur ubur terpancing oleh kita, namun kebanyakan mereka akan terjebak oleh tali jangkar, jadi hati hatilah saat anda harus mengangkat jangkar.

diambil dari beberapa sumber

semoga berguna bagi nusa dan bangsa
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #2 (permalink)  
Old 26-03-2011, 04:05 PM
Joni's Avatar
Outstanding Fisher
 
Join Date: Mar 2011
Location: Batam
Posts: 354
Joni is an unknown quantity at this point
wah.. mantap nih...


serem juga yah klo lagi ngangkat jangkar ke sentuh ubur2.. nga pernah kepikir gw... laen kali harus handglove dhe..

bgs banget infonya... klo bisa di tambah donk infonya..
__________________
Small Fish, BIG Game
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #3 (permalink)  
Old 26-03-2011, 04:19 PM
rhino's Avatar
Fresh Fishing
 
Join Date: Mar 2011
Location: Batu aji
Posts: 40
rhino is an unknown quantity at this point
iya ngeri juga bang.. tapi semangat mancing msh tetep tinggi kan hehe..
ok, nanti saya usahain banyakin thread buat ngeramein BFC, coz msh agak sepi di sini
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
  #4 (permalink)  
Old 02-04-2011, 04:42 PM
jofrijon's Avatar
Supernatural Angler
 
Join Date: Mar 2011
Location: Batam, Bintan
Posts: 719
jofrijon is an unknown quantity at this point
Di Batam dan Tpi kita Chinese sering bilang ikan yang paling beracun mulai dari yang paling beracun sampai yang sedikit racun

1. Ikan Pari (Ham)

2. Ikan Scorpion Fish (Hou)

3. Ikan Sembilang (Sua Mo)

4. Ikan Scats (King Kou)

5. Ikan Baronang (Lebam)

6. Ikan Rabbit Fish (Pek Tou)


Namun masih banyak lagi yang lain beracun
__________________
It's Fishing Time
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote
Reply


Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 01:10 PM.


Lukisan - Galeri Lukisan - Lukisan Murah - Lukisan Termurah - Lukisan Hotel - Lukisan Abstrak
Powered by vBulletin® Version 3.6.4
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Search Engine Friendly URLs by vBSEO 3.1.0 ©2007, Crawlability, Inc.
Komunitas Mancing Batam