View Single Post
  #1 (permalink)  
Old 31-03-2009, 02:22 PM
arip's Avatar
arip arip is offline
Fresh Fishing
 
Join Date: May 2008
Posts: 24
arip is an unknown quantity at this point
Lightbulb Tips ngotrek ikan tamban

Sekedar sharing buat teman-2 yang hobi ngotrek (mancing pakai rawai) ikan tembang (tamban) dari atas jembatan atau dari dermaga.

Mancing menggunakan kotrekan punya seni tersendiri karena gak pakai ribet menggunakan umpan udang atau cumi yang baunya amis itu ... hehehe. Bermodalkan kotrekan merk sabiki no.6 yang efektif dan relatif mahal dibandingkan merk lain. Merk yang satu ini kelemahannya adalah tali kumis yang gampang putus atau keriting karena diameternya yang kecil, tapi efektif karena dengan diameter kecil membuatnya atraktif didalam air sehingga mudah menarik perhatian ikan target yaitu tembang atau tamban.

Waktu yang baik untuk ngotrek adalah saat air baru mulai bergerak pasang, apalagi kalau waktu pasangnya saat pagi hari. Untuk hasil yang bagus, pada waktu anda melempar rangkaian kotrekan ini, lemparkan pada arah datangnya arus (mengikuti arus) lalu sentak beberapa kali. Jika terasa ada getaran diamkan beberapa saat sebelum anda menggulung reel, agar semua mata kailnya berisi ikan.

Untuk penghematan, jika rangkaian kotrekan masih bagus, waktu anda sudah mau pulang, celupkan kotrekan pada air tawar lalu goyang-2 sedikit agar sisa garam lepas. Dengan cara ini kotrekan masih bisa dipakai pada lain waktu. Lumayan.

Semoga ada manfaatnya.
__________________
negeg + ngotrek = maknyuss
Reply With Quote