View Single Post
  #1 (permalink)  
Old 26-09-2011, 10:16 PM
chandra's Avatar
chandra chandra is offline
Senior Angler
 
Join Date: Mar 2011
Location: batam
Posts: 1,359
chandra is an unknown quantity at this point
mancing tenggiri

Dear Rekan2..

sedikit sharing tentang serunya mancing tenggiri,. karna saya melihat kebanyakan dari kita masih fokus pada mancing dasaran sebenarnya mancing tenggiri lebih seru dan punya tingkat rasa penasaran yg tinggi berikut sedikit pengetahuan yg saya peroleh dulu waktu nyari jeng riri di Pulo 1000 dan ini hanya efektif disana,. tapi nga ada salahnya kalo mau coba disini..

MANCING TENGGIRI

Tehnik Mancing :

Yang paling umum di pakai adalah dengan cara KONCER yaitu rangkaian kail yang disambungkan ke kawat nikelin -/+ 20-30cm bisa yg berupa single wire (tungal) ataupun menggunakan yang multi wire (serabut) dan biasanya tanpa menggunakan timah. Dan biasanya dilepas dikedalaman 1/2 sampai degan 3/4 kedalaman air dilokasi tersebut.
Cara lainya adalah dengan cara mancing dasar (jeblug) ataupun Jigging. Khusus untuk mancing dasar saya rasa cara ini kurang efektif mengingat ikan tenggiri merupakan ikan yang tergolong Pelagic.

Umpan :

Untuk umpan mancing tenggiri dengan tehnik koncer yang terbaik adalah dengan menggunakan ikan Tembang hidup, kembung hidup ukuran 3 jari orang dewasa. Umpan ini bisa didapat di sero/bagang di sekitaran P1000, atau dengan cara mancing sendiri dengan menggunakan Kotrekan. Bisa juga menggunakan cumi segar utuh ataupun ikan kacang kacang utuh yg sdh mati... tapi umpan ini kurang efektif pak apalagi kalau perahu saingan di kanan kiri menggunakan umpan hidup, dapat dipastikan umpan kita ngga akan disentuh sama ikannya.
Sedangkan untuk mancing dasar/jeblug bisa menggunakan irisan cumi besar dan memanjang, ikan mati utuh atau bahkan cumi utuh (sekali lagi tehnik ini kurang efektif).

Piranti / Alat Pancing :

Bisa menggunakan piranti Spining atau Overhead buat yg sdh terbiasa dengan line class 8-16 Lbs sdh sangat mencukupi. Namun kalau masih belum terbiasa dan cari aman dari problem tali yang putus bisa pakai ukuran 20Lbs juga masih oke kok.
Tapi kalau bapak berani pake ukuran 6 Lbs begitu kena tenggiri ukuran 3-4 kilo ajaaaa rasanya wuiiihhhhh... nikmatnya paaaaak


Lokasi :

Pulo 1000

Untuk perairan Batam yg sudah saya jelajahi didaerah sekitar rumpun dipetong sangat potensial,. untuk tempat lain saya belom pernah,.

bedanya Pulo seribu dan rumpon daerah batam,. pulo 100o untuk mendapatkan umpan hidup seperti ikan tamban sangat susah kebanyak angler harus singgah dibagan2 untuk mendapatkannya sedangkan untuk meperoleh ikan hidup dirumpon petong sangat mudah sekali yg jadi masalahnya saking banyaknya tamban jeng riri kurang berminat dengan ikan hidup,. malah lebih cepat menggunakan tamban yg telah mati dikoncer,..

yg jadi permasalahannya dirumpon,.. jeng riri begitu peka dengan necklin ataupun leader yg kasar diakibatkan kebiasaan para nelayan menangkapnya dengan menggunakan leder halus yg menggunakan moden,.. ini yg biasa digunakan nelayan setempat..

untuk para angler dibatam minat untuk mancing tenggiri masih kurang padahal ikan ini termasuk memiliki perlawanan dan speed yg bagus,. apalagi kalo kita menggunakan piranti dan senar ukuran kecil wah,.. sensasinya lebih ganas dari tarikan ikan dasaran.

saya masih ingat pemegang rekor mancing tenggiri diindonesia waktu saya dijawa tahun 1995 dipegang oleh Dr. benjamin dengan piranti dan senar kecil bisa menaikan tenggiri seberat 8 kg,.. dgn lama perlawanan sekitar hampir 1 jam.. bener2 sensasi luar biasa...

mohon maaf sebelumnya jika dalam penulisan jauh dari harapan mungkin dari master2 BFC yg mempunyai pengalaman tentang menaklukkan jeng riri bisa sharing disini.. trims..

smoga bermanfaat...
Reply With Quote